Kamis, 10 Juli 2008

Batang Langit

Di dalam BaZi dikenal istilah Batang Langit yang sesuai nama nya berada di posisi atas pada BaZi.
Batang langit merupakan gambaran dari Chi yang berada dipermukaan atau yang kelihatan.
Pada diri seseorang, batang langit melambangkan karakter yang terlihat di permukaan, atau bagaimana diri seseorang terlihat dimata publik.

Misal nya apa bila seseorang memiliki Banyak Bintang rejeki pada batang langit nya, tetapi tidak memiliki akar di cabang bumi nya, maka dapat disimpulkan orang ini selalu kelihatan banyak uang atau kaya, tetapi sesungguha nya hanya show off saja.

Terdapat 10 batang langit, yang merupakan pembagian dari 5 element dasar kedalam konsep Yin Yang, yaitu :


Jia Mu (Kayu Jia)
Merupakan Kayu Yang(+), dalam dunia nyata diumpamakan sebagai Pohon Besar yang tegak menjulang ke langit. Bersifat Kaku,Polos, Diam, dan nyaris mustahil berubah, terkesan cuek terhadap perubahan yang terjadi disekitar. Meski terlihat stagnan, tetapi selalu dapat tumbuh, dan tak perduli seberapa keras luka yang diterima, selalu dapat melanjutkan hidup nya.

Ik Mu (Kayu Ik)
Merupakan Kayu Yin(-), dalam dunia nyata dapat di ibaratkan sebagai Bunga, Rumput, atau juga tanaman merambat. Bersifat elastis, fleksibel, dan tanggap terhadap perubahan yang seringkali mengantarkan nya sampai ke puncak. Kemana angin bertiup kesanalah Ik Mu akan mengarah.

Bing Huo (Api Bing)
Merupakan Api Yang(+), diibaratkan sebagai matahari. Tak dapat di padamkan, selalu bersinar menerangi dunia. Besifat emosional, hangat, dan terbuka. Bing Huo selalu menjadi pusat aktivitas, dan tak jarang memiliki sifat egosentris.

Ding Huo (Api Ding)
Merupakan Api Yin, diibaratkan sebagai api buatan manusia. Merupakan pemimpin alami, selalu/suka menerangi jalan di saat dibutuhkan meskipun didalam kerapuhan dan keterbatasan mereka. Bersifat sentimental, dan perfeksionis. Merupakan penghidup suasana dan penarik perhatian, dan merupkaan motivator yang baik.

Wu Tu (Tanah Wu)
Merupakan Tanah Yang, diibaratkan sebagai gunung, atau batu besar. Bersifat Solid, kokoh,tegar Tidak fleksibel dan kaku, bahkan sangat sulit untuk digerakan, tak jarang dikatakan keras kepala. Selalu menjadi tempat sandaran dan sangat dapat dipercaya.

Ji Tu (Tanah Ji)
Merupakan Tanah Yin, diibaratkan tanah gembur dan lembut. Sangat subur, produktif dan memiliki sumber daya. Besifat mengayomi dan berhati baik, selalu mentoleransi dan pengertian. Sensitif dan emosional.


Gen Cing(Logam Gen)
Merupakan Logam Yang, diibaratkan pedang dan kapak, lambang daya tahan dan stamina. Tahan terhadap segala tempahan dan problema, merupakan survival. Brsifat kaku dan tegas, tidak ragu2 dalam bertindak. memiliki karakter kuat, dan merupakan pemimpin yang baik, dan menghargai keadilan.

Xing Cing(Logam Xing)
Merupakan Loyam Yin, diibaratkan sebagai Perhiasan dan benda2 seni. Sangat menyukai perhatian, dan sering kali menjadi pusat perhatian baik karena budi pekerti maupun kecantikan nya. Tidak bisa ditempah dengan tekanan, tetapi melalui pendekatan yang lembut dan tepat akan menghasilkan cahaya cemerlang.

Ren Suei(Air Ren)
Merupakan Air Yang, diibaratkan seperti Sungai, Ombak atau Laut. Selalu bergerak, fleksibel dan intelek. Terkesan sulit di atur dan tidak fokus tetapi apabila dapat mengontrol diri dengan tepat maka aliran Ren Suei tidak dapat dihentikan dan hampir selalu mendapatkan segala yang diinginkan nya.

Kui Suei(Air Kui)
Merupakan Air Yin, diibaratkan sebagai Hujan, Embun atau pun awan. Selalu bergerak, dan menjadi sandaran, penyejuk dan pembimbing yang baik. Bersifat kreatif dan selalu mementingkan kepentingan umum daripada diri sendiri. Terkadang juga sulit mempertahankan bentuk nya sendiri.

Tidak ada komentar: