Selasa, 08 Juli 2008

Five Element

Five element merupaka salah satu basic dari hampir semua seni China kuno, mulai dari ilmu pengobatan, mistik, Feng Shui, Beladiri sampai kepada BaZi itu sendiri.

Five element terdiri dari :
1. Kayu
Sesuai dengan sifat alami nya, kayu merupakan lambang segala sesuatu yang lurus dan kaku, tegak lurus ke atas. Kayu juga melambangkan pertumbuhan secara terus menerus dan bertahap.
Mereka yang lahir dengan unsur kayu biasa nya kelihatan kalem, dingin, tetapi hangat di dalam hati. Tidak menyukai segala sesuatu yang bersifat mobile, karena sifat dasar kayu yang tidak akan berpindah dari tempat ia di tanam, kemudian juga melakukan sesagal sesuatu dengan sabar dan kelihatan lambat, tetapi secara pasti mereka yang berunsur kayu akan selalu tumbuh.

2. Api
Lambang dari segala sesuatu yang bersifat menerangi, memberikan cahaya bagi kehidupan.
Sumber energi kehidupan, yang memunculkan segala kualitas baik dalam hidup.
mereka yang lahir dengan unsur api biasa nya akan terlihat emosional dan sangat pandai dalam meghangatkan suasana, dalam kondisi apapun juga.

3. Tanah
Lambang dari segala sesuatu yang diam, kuat dan protektif.
Segala sesuatu berasal dari tanah dan akan kembali kepada nya.
Mereka yang berunsur tanah akan selalu menjadi tempat sandaran, dan sangat bisa dipercaya oleh sekitar.

4. Logam
Lambang dari segala sesuatu yang tegas dan lugas.
Logam merupakan unsur terkeras dan harus dibentuk dulu sebelum akhir nya berguna, sekali terbentuk maka tidak ada yang dapat menghentikan nya.
Mereka yang berunsur logam biasa nya adalah seorang yang gigih dan tahan banting, dan mencapai kesuksesan dari disiplin yang tinggi. Mereka juga memiliki rasa keadilan yang sangat tinggi.

5. Air
Lambang dari Mobilitas dan Fleksibilitas.
Air tidak pernah diam dan akan terus bergerak, bahkan meskipun terlihat diam, air sebenarnya terus bergerak dan berubah.
Mereka yang berunsur air biasa nya cerdas, dan selalu bergerak mencari cari sesuatu yang baru. Dapat beradaptasi dalam setap kondisi, dalam, tak terukur.

Demikian penjelsan dasar dari five element secara umum, di artikel selanjut nya saya akan membagi Five element ini secara lebih spesifik.

Tidak ada komentar: